Rabu, 04 Mei 2011

ANALISIS SWOT & VISI MISI PERTAMINA

ANALISIS SWOT PERTAMINA
Untuk menjawab pertanyaan tentang analisa SWOT dari beberapa pembaca blog, berikut ini dipaparkan kembali garis besar analisa SWOT bisnis distribusi Aqua Danone dan LPG Pertamina.
Apa yang dipaparkan di bawah ini merupakan evaluasi atas kinerja perusahaan pribadi setelah mendapat pelatihan CEFE yang diselenggarakan oleh GTZ Red dan Bank Indonesia, dengan topik “Growing SME’s“ bulan November 2007 lalu.
Analisa SWOT sebagai berikut :
1. Strength :
1.1. Penjualan produk relatif mudah, karena brand/merk Aqua dan Pertamina sangat kuat dan menguasai pangsa pasar AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) dan LPG.
1.2. Perusahaan merupakan pelopor jenis usaha yang menggabungkan jasa distribusi dua macam produk sekaligus, yakni produk Aqua Danone dengan LPG Pertamina.
1.3. Salesman Perusahaan dapat diandalkan dan sudah teruji selama 5 tahun.
1.4. Kualitas pelayanan kepada pelanggan memuaskan.

2. Weakness :
2.1. Ketergantungan pasokan pada satu pemasok, sehingga apabila terjadi keterlambatan pasokan produk akan mengganggu operasional perusahaan.
2.2. Pada saat Perusahaan mulai berkembang mengalami kekurangan modal kerja, sehingga tidak dapat melaksanakan sistem Iron Stock (Persediaan Minimum).

3. Opportunity :
3.1. Peluang untuk menaikkan strata keagenan menjadi Distributor Aqua Danone dan Agen LPG Pertamina
3.2. Peluang untuk menjadi Agen LPG Pertamina kemasan 3 kg yang baru saja di-launching Pertamina sebagai produk konversi pengganti Minyak Tanah.
3.3. Jaringan ratusan outlet pelanggan dapat dieksplorasi untuk menjual produk selain Aqua Danone dan LPG Pertamina.
3.4. Saat ini perusahaan bidang jasa distribusi mendapat prioritas kucuran Kredit Modal Kerja dari Perbankan Indonesia.

4. Threat :
4.1. Persaingan yang tajam di antara sesama Sub Distributor Aqua Danone dan Sub Agen LPG Pertamina.
4.2. Pencabutan ijin Sub Distributor Aqua Danone apabila melakukan pelangaran peraturan-peraturan keagenan.
Dari paparan analisa SWOT tersebut di atas, kemudian dibuat Strategi berdasarkan Prioritas untuk Rencana bagi Pertumbuhan Usaha yang akan di-sharing dalam posting berikutnya.

VISI dan MISI PERTAMINA

Visi
"Menjadi Perusahaan Gas Kelas Dunia"

Misi
1.Menjalankan usaha yang meliputi : Pengadaan, Penimbunan, Pendistribusian, dan Pemasaran yang terintegrasi berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.
2.Mempertahankan posisi sebagaimana market leader bisnis gas dalam negeri.
3.Memberikan layanan dan benefit terbaik kepada stakeholder.

Tata Nilai Korporat (6C)
1.Clean (Bersih) : Dikelola secara profesional, menghindari benturan kepentingan, tidak mentoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas. Berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.
2.Competitive (Kompetitif) : Mempu berkompetisi dalam skala regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan melalui investasi, membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja.
3.Confident (Percaya Diri) : Berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi BUMN, dan membangun kebanggaan bangsa.
4.Customer Focused (Fokus pada Pelanggan) : Beorientasi pada kepentingan pelanggan, dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
5.Commercial (Komersial) : Menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial, mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.
6.Capable (Berkemampuan) : Dikelola oleh pemimpin dan pekerja yang profesional dan memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi, berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar